Pentingnya Parenting untuk si Buah Hati

Palmer Kelley   December 3, 2017   Comments Off on Pentingnya Parenting untuk si Buah Hati

Pentingnya Parenting untuk si Buah Hati

Parenting adalah proses pengasuhan yang dilakukan oleh orang  tua yang dimulai dari kelahiran seorang anak hingga mencapai kedewasaan. Parenting sendiri memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah membentuk karakter membentuk keterampilan, meningkatkan pengetahuan anak , dan menghubungkan antara pembentukan karakter yang  diprogramkan oleh lembaga pendidikan dengan pihak keluarga agar pembentukan yang dilakukan di lembaga pendidikan  (PAUD) bisa diteruskan di rumah oleh keluarga. Parenting memiliki beberapa tahapan yaitu  melakukan identifikasi kebutuhan orang tua,membuat job description,menyusun program,menyusun jadwal kegiatan mengidentifikasi potensi. Identifikasi kebutuhan orang tua bertujuan untuk mengetahui potensi anak yang diketahui oleh orang tua bisa dikembangkan oleh lembaga pendidikan.

Ketahuilah Potensi Anak

Setelah mengetahui potensi si anak, lalu lembaga pendidikan membuat suatu kepanitiaan yang bekerjasama dengan komite sekolah. Tujuan membentuk kepanitiaan ini adalah agar program parenting lebih terstruktur dan berjalan sesuai tujuannya. Kepantiaan yang dibuat hampir sama seperti kepanitiaan pada umumnya, yaitu bendahara  dan sekretaris, namun yang membedakan adalah adanya divisi pendidikan dan pengajaran yang memiliki jobdesk membuat program yang layak untuk si anak. Bila kepanitiaan sudah dibentuk, panitia langsung membuat job deskripsi yang bertujuan untuk memperjelas job desk yang dilakukan semua divisi. Misal bendahara memiliki job desk untuk menghitung dana pengeluaran dan pemasukan kepanitiaan dan divisi perlengkapan mencari barang barang yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan program.

Setelah semua divisi kepanitiaan mengerti akan job desk nya masing-masing , lalu semua panitia menyusun program yang pas untuk mengembangkan potensi si anak.

Semua program yang akan diarahkan oleh ketua pelaksana dengan pertimbangan beberapa masukan dari orang tua. Langkah selanjutnya adalah ketua pelaksana menjelaskan kepada staffnya tentang program yang akan dijalani dan divisi pendidikan membuat program yang pas untuk diaplikasikan untuk si anak. Setelah membentuk program, langkah selanjutnya adalah, menyusun jadwal kegiatan, Penyusunan jadwal ini dibuat dengan jumlah porsi kegiatan yang pas untuk si anak, waktu dan tempat yang jelas sehingga potensi si anak benar benar meningkat.  Dengan menggunakan program parenting yang disusun dengan detail diharapkan potensi anak benar benar berkembang sesuai dengan bakatnya masing- masing.

Related posts: