Atasi Penyakit Anemia

Palmer Kelley   February 23, 2018   Comments Off on Atasi Penyakit Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kadar hemoglobin dalam darah menurun. Penurunan kadar Hb dapat disebabkan karena rusaknya sel-sel darah merah dalam tubuh. Hb merupakan salah satu komponen dalam darah yang perannya mengikat oksigen dalam tubuh untuk proses metabolisme. Jika kadar Hb menurun, tentu kadar oksigen dalam tubuh kita juga menurun. Jika pengangkutan oksigen terganggu, maka proses metabolisme juga terganggu. Akhirnya tubuh akan merasa lelah, lesu, pucat, dan tidak semangat. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita menghindari gangguan ini. Agar kita dapat mencegah anemia, kita perlu mengetahui penyebab terjadinya anemia.

Penyebab Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang biasa disepelekan oleh masyarakat. Anemia dapat disebabkan karena faktor makanan atau pola hidup. Berikut ini merupakan beberapa penyebab anemia yaitu:

– Kurangnya zat besi dalam tubuh.

– umur eritrosit cukup pendek.

– menstruasi

– kurangnya nutrisi dalam tubuh

– diet berlebihan

– pendarahan berkepanjangan

– kelainan pada sumsum tulang belakang

Beberapa poin di atas merupakan penyebab anemia. Penyebab anemia sendiri sebenarnya banyak. Beberapa penyebab lainnya yaitu karena adanya kelainan tertentu seperti sel sabit dan talasemia. Sebelum tubuh kita terkena anemia, alangkah baiknya jika kita mencegah gangguan tersebut.

Tips Pencegahan Gejala Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang dapat memunculkan gejala. Orang yang terkena anemia biasanya tampak lesu dan pucat. Alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit anemia. Berikut ini akan kami berikan tips pencegahan anemia :

– Istirahat secukupnya. Orang dewasa memiliki jatah istirahat sebanyak 6 jam per hari. Jatah ini sebaiknya Anda gunakan dengan cukup baik agar kualitas kesehatan Anda tetap baik. Pola tidur yang benar dan baik akan membantu Anda menjaga kestabilan sel darah merah dalam tubuh Anda.

– Pemenuhan kebutuhan zat besi. Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kestabilan sel darah merah atau eritrosit. Darah merah berperan dalam pengikatan oksigen serta elektron yang dibutuhkan untuk proses metabolisme. Jika kadar eritrosit tetap terjaga, maka tubuh tidak akan mengalami anemia. Salah satu makanan tinggi zat besi yaitu bayam dan hati ayam. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut agar eritrosit dalam tubuh Anda terjaga.

– Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Kafein dan alkohol dapat mengikat zat besi sehingga tubuh dapat mengalami anemia. Anda sebaiknya menghindari kedua zat tersebut, terutama alkohol karena alkohol dapat membahayakan tubuh.

– Olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu menjaga kestabilan sel darah merah.

Related posts: