Kelebihan Kekurangan Paving Block Dan Aspal

Palmer Kelley   February 22, 2018   Comments Off on Kelebihan Kekurangan Paving Block Dan Aspal

Paving Block dan aspal merupakan bahan bangunan yang digunakan untuk menutupi permukaan tanah sehingga akan lebih nyaman untuk berjalan. Keduanya sudah banyak digunakan di berbagai halaman kantor, gedung ataupun yang lainnya. Pertama adalah paving yang terbuat dari campuran pasir dan juga semen dan ditambah dengan berbagai campuran yang lain. Sedangkan untuk aspal ini memang sudah tidak jarang dinamakan sebagai campuran aspal panas atau hot mix. Penggunaan aspal semakin bertambah seiring dengan bertambahnya pengembangan bangunan. Tentu saja keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda memilih dari kedua bahan tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Paving

Keuntungan yang bisa diperoleh saat menggunakan paving sebagai berikut:

  1. Proses pemasangan relatif lebih simple dan tidak memerlukan media yang berat serta bisa diproduksi secara masal
  2. Perawatan Paving Block mudah  dan bisa dipasang kembali saat setelah dibongkar
  3. Tahan terhadap beban yang statis, dinamik dan tahan juga terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan
  4. Dengan menggunakan paving akan bisa meresap air, terutama paving yang berumput menjadi sebuah solusi yang bisa mengatasi genangan. Selain bisa menjaga lingkungan penggunaan paving yang berumput ini bisa mempercepat lingkungan.
  5. Sangat direkomendasikan untuk di halaman atau jalan lingkungan perumahan.

 

Sedangkan kelemahan yang bisa diperoleh pada saat menggunakan paving yaitu mudah bergelombang jika pondasinya tidak kuat dan kurang nyaman digunakan saat berkendara dengan kecepatan cukup tinggi. Sehingga penggunaan dari paving ini lebih di rekomendasikan dilingkungan perumahan.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Aspal

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan aspal diantaranya adalah:

  1. Biaya awal pembangunan yang lebih murah dibandingkan dengan paving.
  2. Jalan yang menggunakan aspal pastinya lebih halus dan tidak bergelombang sehingga akan lebih nyaman untuk berkendara.
  3. Proses perawatan cukup mudah.
  4. Direkomendasikan untuk jalan yang dasar tanahnya telah mantap, yang didukung dengan sistem drainase jalan yang ditata dengan baik.

 

Sedangkan untuk kekurangan dari aspal ini tidak tahan dengan genangan air, maka sangat memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan setelah hujan ataupun banjir. Dalam struktur tanah yang kurang baik mesti dilakukan memperbaiki tanah lebih dulu. Dibandingkan dengan kekurangan Paving Block ini sepertinya lebih unggul dan awet menggunakan paving.

Related posts: